##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Devi Nur Laila
Niken Grah Prihartanti

Abstract





Latar Belakang: Perkembangan anak yang semakin individualis akan mengakibatkan berkurangnya kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Sehingga sosialisasi anak terhadap masyarakat tidak akan terjalin dengan baik. Sementara itu, interaksi sosial anak akan terus berlangsung hingga ia tumbuh dewasa. Bila anak terus menerus dibuat takjub dengan kecanggihan gadget, maka pada akhirnya anak akan kesulitan dalam berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial pada anak prasekolah usia 3-6 tahun di RA Raden Rahmat Nglele Sumobito. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survei analitik cross-sectional dengan jumlah responden sebanyak 35 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan accidental sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket prasekolah, penggunaan gadget Perkembangan Psikososial Anak. Analisis data menggunakan uji SPSS versi 20. Uji univariat menggunakan uji asumsi Shapiro Wilk, kemudian uji bivariat menggunakan uji chi-square (p < 0,05). Hasil: Hasil Penelitian Hasil uji Chi-Square menunjukkan tidak ada hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial pada anak prasekolah usia 3-6 tahun di RA Raden Rahmat Nglele Sumobito, p-value = 0,625 > 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak prasekolah usia 3-6 tahun di RA Raden Rahmat Nglele Sumobito.





##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Nur Laila, D., & Prihartanti, N. G. (2024). THE RELATIONSHIP OF GADGET USE ON THE PSYCHOSOCIAL DEVELOPMENT OF PRESCHOOL CHILDREN AGED 3-6 YEARS AT RA RADEN RAHMAT SUMOBITO. International Journal on ObGyn and Health Sciences, 3(1), 05–12. Retrieved from https://trigin.pelnus.ac.id/index.php/ObGyn/article/view/194
References
Ameliola, N. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. [Online] Diakses dari http://icssis.files.wordpress.com/2013/09/2 013-0229 pada tanggal 26 Desember 2016.
Apsari, N. C., Nurfauziah, L. S., & Asiah, D. H. S. (2023). Dampak Penggunaan Gawai (Gadget) Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Share : Social Work Journal, 13(1), 11. https://doi.org/10.24198/share.v13i1.40927
Ari Nopitadewi, K., Ayu Merna Eka Sari, N., Made Sudarma Adiputra, I., Studi Keperawatan Program Sarjana, P., Wira Medika Bali, Sti., & STIkes Wira Medika Bali, D. (2020). The impact of using gadgets with social interaction on school-age children. 1–11
Baer, M., Oldham, G. R., Hollingshead, A. B., & Costa Jacobsohn, G. (2005). Revisiting the birth order-creativity connection: The role of sibling constellation. Creativity Research Journal, 17(1), 67-77.
Darkusno, K. (2014). “Pengertian dan Ciri Perkembangan.
Dewanti, T. C., Triyono. & Widada. (2016). Hubungan Keterampilan Sosial dan Penggunaan Gadget Smartphone dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1 (3). ISSN: 2503-3417.
Dian Saskia Dewi P, N. A., Darmini, A. A. . Y., & Bhandesa, A. M. (2023). Hubungan Antara Kecanduan Bermain Game Online Dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah Di Sdn 1 Sesetan. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 7(1), 7–12. https://doi.org/10.37294/jrkn.v7i1.426
Diyan Mutyah, Nisha Dharmayanti Rinarto, & Ayu candra Kirana, S. (2020). Hubungan karakteristik individu (jenis kelamin dan usia) terhadap perkembangan psikososial mahasiswa keperawatan di Surabaya. Journal of Health Sciences, 13(01), 58–65. https://doi.org/10.33086/jhs.v13i01.1317
Fadlilah, S. and Krisnanto, P. D. (2019). Analisis Penggunaan Gadget dan Interaksi Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Taman Kanak- Kanak Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 4(2), pp. 103–109. http://103.114.35.30/index.php / JKM/article/view/3186
Ferliana, J. M. (2016). Anak dan Gadget Yang Penting Aturan Main.” jakarta: Salemba Medika.
Fitri, A. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi YouTube Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Raudhah, 11(2), 106. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2026
Ginting, A. K., & Stiasih, L. R. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak di SDN Karang Baru 04 Kabupaten Bekasi. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan Dan Keperawatan, 16(1), 22–29. https://doi.org/10.35960/vm.v16i1.835
Irmayani, Sunarti, & Alam, R. I. (2021). Gambaran Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Berdasarkan Tingkat Ketergantungan Gadget. Window of Nursing Journal, 2(1), 228–236. https://doi.org/10.33096/won.v2i1.565
Iswidharmanjaya, D. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan bagi orang tua untuk memahami factor-faktor penyebab anak kecanduan gadget (Vol. 1). Bisakimia.
Kedokteran, F., Warmadewa, U., & Riandra, K. (2024). Hubungan Lama Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial pada Anak Prasekolah di TK Tunas Mekar Sari , Denpasar Data Badan Pusat Statistik menunjukkan. 4(2), 239–243.
Kristianus, K. (2019). Pengaruh YouTube Terhadap Perkembangan Anak-Anak Di Indonesia. Communication binus.

Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2).
Mubarok, S. (2013). Gadget MenjadiGaya Hidupdan Kebutuhan. Vol. 3. No. 1. Hal 11-19. ISSN: 2541-2221. hp. sulthonulmubarok. com/gadget-menjadigaya-hidup-dan-kebutuhan.(Diakses pada tanggal 20 Juli 2018).
Muniroh, S. (2018). Hubungan Antara Jarak Kelahiran Dengan Perilaku Sibling Rivalry Pada Anak Usia Pra Sekolah (4-6 Tahun). Wiraraja Medika, 7(1), 38–42. https://doi.org/10.24929/fik.v7i1.381
Novitasari, (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73. https://doi.org/10.11113/jt.v56.60
Nurrachmawati. (2014). Pengaruh Sistem Operasi Mobile Android pada Anak Usia Dini. Makassar:Universitas Hasanuddin. Diakses dari https://id.scribd.com/.../Jurnal-PengaruhSistem-Operasi-Mobile-Android.
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial pada Anak Usia PraSekolah. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47.
Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Pradona, S., & Qarni, W. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gawai terhadap Perkembangan Psikososial Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 460–469. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.248
Salehudin, M. (2020). Literasi digital media sosial youtube anak usia dini.
Septrina, M. A., Liow, C. J., & Sulistiyawati, F. N. (2009). Hubungan tindakan bullying di sekolah dengan self esteem siswa.